Thursday, April 17, 2014

Just Remember

http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000005267319/yang-mau-tanya-tanya-tentang-gammu-kesini-aja-kita-belajar-bareng-bareng/

Beberapa Masalah di Gammu dan Solusinya (Gammu Troubleshooting Bag. 2)

Pada artikel sebelumnya tentang troubleshooting Gammu bagian pertama yang membahas tentang beberapa masalah seputar instalasi Gammu, dalam artikel ini akan dibahas bagian kedua nya yang berfokus pada permasalahan ketika menjalankan Gammu (dengan asumsi instalasi Gammu sudah sukses sebelumnya).
Troubleshooting ini merupakan rangkuman dari pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) ke saya dari pengunjung blog ini atau klien GampSMS saya.

SMS Tidak Mau Terkirim
Tidak terkirimnya SMS yang dikirim melalui Gammu ada beberapa kemungkinan sebab, diantaranya adalah:
  • Service Gammu belum dijalankan
    Pastikan service Gammu sudah dijalankan terlebih dahulu sebelum Anda mengirim dan menerima SMS dengan Gammu
  • Pulsa habis atau masuk masa tenggang
    Pastikan pulsa masih ada dan cukup untuk mengirim SMS. Biasanya indikasi pulsa habis atau kartu memasuki masa tenggang ini dijumpai ketika terima SMS via gammu bisa, namun kirim SMS tidak bisa (muncul status SendingError di tabel SENTITEMS)
  • Perubahan nomor port modem/handphone
    Misalkan di awal instalasi Anda menggunakan port com tertentu dan waktu itu bisa untuk kirim dan terima SMS dengan gammu, namun kemudian di lain waktu Anda memindahkan portnya (colokan usb di lain port) atau berbeda dengan port ketika awal instalasi. Hal ini juga tidak dibolehkan. Ketika Anda memindah port, pastikan Anda juga mengubah settingan port di SMSDRC dan GAMMURC nya. Sebelum mengubah setting konfigurasi di SMSDRC dan GAMMURC, matikan dahulu service gammunya, hapus service Gammu yang Anda telah buat sebelumnya, kemudian edit GAMMURC dan SMSDRC, dilanjutkan membuat service lagi yang baru. Indikasi permasalahan pengiriman SMS yang disebabkan karena perubahan port ini bisa dilihat ketika sebelumnya pengiriman dan penerimaan SMS sukses, namun tiba-tiba baik pengiriman dan penerimaan SMS sama sekali tidak bisa. Selain itu, indikasi ini juga bisa dilihat dari tidak munculnya status pengiriman SMS di tabel SENTITEMS atau SMS yang dikirim masih tetap berada di tabel OUTBOX dan tidak berpindah ke tabel SENTITEMS meskipun service sudah dijalankan.
  • Modem/handphone tidak support Gammu
    Ada kalanya penyebab tidak bisa mengirim SMS disebabkan karena memang modem/hp tidak disupport oleh gammu. Indikasinya bisa dilihat ketika langkah instalasi gammu sudah benar, namun sama sekali tidak bisa kirim dan terima SMS, meskipun sudah berganti-ganti versi Gammu nya sampai dengan Gammu rilis terakhir
  • Sinyal modem tidak ada atau lemah
    Indikasi dari masalah pengiriman yang disebabkan karena sinyal yang lemah atau tidak ada, bisa dilihat dari lampu indikator modem. Misal untuk modem Wavecom, indikasi modem tidak dapat sinyal adalah lampu tidak berkedip atau tidak blinking atau blinking tidak teratur interval waktunya. Selain itu, bisa dilihat juga tatkala terkadang SMS bisa terkirim dengan sukses, kadang gagal.
SMS bisa masuk ke INBOX, tapi tidak bisa mengirim SMS
Jika Anda menjumpai kasus seperti ini, cek di tabel SENTITEMS apakah status pengirimannya SendingError. Jika ya, kemungkinannya pulsa habis atau memasuki masa tenggang, atau sim card Anda diblokir oleh pihak operator karena dianggap sebagai SMS spammer. Pemblokiran ini hanya untuk pengiriman SMS saja.
SMS bisa terkirim, namun tidak bisa menerima SMS (SMS tidak masuk ke tabel INBOX)
Biasanya masalah ini terjadi tatkala menggunakan handphone NOKIA yang menggunakan symbian sbg OS nya. Memang untuk hp NOKIA ber OS Symbian tidak direkomendasikan untuk gammu karena memang tidak support untuk penerimaan SMS. Penyebab pastinya saya kurang tahu :-)
SMS yang diinsert ke tabel OUTBOX tidak bisa pindah ke tabel SENTITEMS
Permasalahan ini kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal, yaitu bisa jadi portnya berubah seperti yang sudah saya jelaskan di atas, atau servicenya belum dijalankan. Kedua penyebab ini biasanya diikuti dengan gejala tidak bisanya gammu menerima SMS yang masuk atau sms yang diterima tidak masuk ke tabel INBOX. Namun jika SMS yang diterima bisa masuk ke INBOX, maka kemungkinan ada kesalahan ketika proses pengiriman SMS, yaitu pastikan ketika mengirim SMS dengan menggunakan query INSERT, minimal 3 field dalam tabel OUTBOX ini harus ada:
  • DestinationNumber : nomor tujuan pengiriman SMS
  • TextDecoded : pesan teks SMS yang akan dikirimkan
  • CreatorID : diisi sembarang string (mis. ‘gammu’), asal tidak kosong karena field ini harus NOT NULL. Biasanya field ini yang terlupakan tidak diisi.
Service Gammu tidak bisa dijalankan
Penyebab dari service gammu yang tidak bisa dijalankan ini bisa jadi ada struktur tabel Gammu yang rusak. Ini penyebab yang sering terjadi, khususnya Anda yang tinggal di daerah yang sering terjadi pemadaman listrik :-) Ketika listrik tiba-tiba mati, dan ketika itu service gammu sedang jalan maka bisa menyebabkan struktur tabel database gammu nya corrupt atau rusak. Solusinya adalah coba merepair tabel di database gammunya, atau jika gagal merepair tabel, lakukan reinstall gammu di database yang baru. Untuk repair, Anda bisa lakukan via phpmyadmin.
Gammu tidak bisa melakukan cek pulsa (USSD Service)
Penyebab dari kegagalan cek pulsa atau layanan USSD menggunakan Gammu biasanya dari modem atau HP yang memang tidak support USSD. Modem Wavecom adalah contoh modem yang support USSD.
SMS bisa terkirim, namun data SMS yang dikirimkan tidak muncul di tabel SENTITEMS
Jika Anda menjumpai masalah yaitu SMS yang diterima bisa masuk ke INBOX, pengiriman SMS juga sukses (bisa diterima di hp tujuan) namun reportnya tidak muncul di tabel SENTITEMS, biasanya masalah ini terjadi karena tabel SENTITEMS nya corrupt atau rusak strukturnya. Solusinya silakan merepair tabel SENTITEMS nya via phpmyadmin.
Untuk Long SMS, SMS yang diterima di HP tujuan selalu terpotong
Sedangkan untuk long SMS yang selalu terpotong di hp penerima, bisa jadi ada 3 penyebab yaitu: algoritma pengiriman long SMS yang salah, corruptnya struktur tabel OUTBOX_MULTIPART, atau memang ada part SMS yang belum sampai atau tidak pernah sampai. Pastikan algoritma pengiriman long SMS Anda benar seperti yang pernah saya jelaskan di artikel kirim long sms gammu. Jika algoritma sudah benar, kemungkinan kedua yaitu corruptnya tabel OUTBOX_MULTIPART. Solusinya hapus semua record di tabel OUTBOX_MULTIPART dan OUTBOX kemudian repair kedua tabel. Sedangkan apabila algoritma sudah benar, dan tabel OUTBOX_MULTIPART serta OUTBOX sudah direpair namun ternyata masih ada long SMS yang terpotong maka sudah dipastikan gangguan ada di pihak operator yang menyebabkan ada part SMS yang lost. Oya… tambahan, bisa juga long SMS ini terpotong karena di dalam SMS nya memuat karakter-karakter sbb: ~, `, ^, [, ], {, }, |, \. Sebaiknya hindari penggunaan karakter-karakter tersebut dalam long SMS.
sumber :http://blog.rosihanari.net/beberapa-masalah-di-gammu-dan-solusinya-gammu-troubleshooting-bag-2/

Beberapa Masalah di Gammu dan Solusinya (Gammu Troubleshooting Bag. 1

Setelah sekian lama menggeluti di bidang SMS gateway, khususnya penggunaan Gammu sebagai SMS engine, saya telah banyak menjumpai beberapa masalah dan alhamdulillah telah mengetahui penyebab dan solusinya.
Namun, ada pula beberapa masalah yang sampai saat ini belum ketemu penyebab dan solusinya. Oleh karena itu supaya ilmu yang saya miliki tidak hilang seiring dengan bertambahnya usia, dan juga barangkali ilmu yang saya miliki ini bisa bermanfaat untuk orang lain, maka dalam artikel ini saya share beberapa permasalahan di Gammu apa penyebabnya dan bagaimana solusinya. Beberapa permasalahan barangkali sering dijumpai oleh para pengguna Gammu, namun karena masih minimnya referensi di internet maka bisa jadi belum ketemu solusinya. Mudah-mudahan solusi itu ada di sini.

Untuk memudahkan pembahasan, maka permasalahan dan solusi dari troubleshooting Gammu SMS engine ini saya bagi menjadi 2 bagian, yaitu ketika tahap instalasi dan pada tahap penggunaan. Pada bagian ke-1 ini akan saya fokuskan ke permasalahan selama tahap instalasi Gammunya. Insya Allah pada bagian-2 nya nanti akan difokuskan pada penggunaan.
Note: Permasalahan-permasalahan yang saya bahas di sini hanya difokuskan untuk penggunaan Gammu versi 1.25 ke atas, sedangkan untuk versi di bawahnya tidak dibahas di sini, serta Gammu yang digunakan pada platform Windows.
Munculnya pesan “Missing msvcr71.dll”
Pesan tersebut muncul dalam bentuk pop up window. Pesan tersebut seringkali muncul ketika cek koneksi Gammu dengan modem atau ketika mengetikkan command: gammu identify. Apa penyebab munculnya error tersebut? Penyebabnya adalah tidak adanya file library msvcr71.dll bawaan Windowsnya, atau bisa juga file tersebut corrupt. Penyebab hilang atau corruptnya file tersebut bisa jadi karena virus atau terhapus secara tidak sengaja. Bagaimana solusinya? solusi satu-satunya adalah menaruh kembali file msvcr71.dll ke dalam direktori C:/WINDOWS/SYSTEM32 (Jika Anda menggunakan Windows XP atau 7 32 bit), atau C:/WINDOWS/SYSWOW64 jika Anda menggunakan Win 7 64 bit. Anda bisa mengunduh file msvcr71.dll tersebut di URL http://www.4shared.com/file/W94ZJ9vr/msvcr71.html.
Muncul pesan “Error installing gammu service”
Pesan error tersebut muncul sewaktu proses pembuatan atau instalasi service gammunya, atau setelah mengetikkan command: gammu-smsd -c smsdrc -i. Penyebab dari error tersebut adalah pengaruh dari sistem keamanan Windows yang tidak mengijinkan untuk membuat service. Biasanya hal ini terjadi di Windows 7. Solusinya adalah, sebelum menginstall service pastikan Anda sudah menurunkan level UAC (User Account Control) sampai ke level paling bawah. Di manakah pengaturan UAC nya? Untuk mengubah level UAC, silakan masuk ke control panel windows, kemudian pada kotak pencarian ketikkan saja: uac. Kemudian klik pada bagian ‘Change User Account Control Setting’. Setelah itu drag saja panel levelnya sampai pada level paling bawah (never notify). Kemudian restart PC nya. Selanjutnya ulangi lagi proses pembuatan servicenya.
Muncul pesan “The drive cannot find the sector requested.”
Pesan di atas muncul ketika akan menjalankan service gammu yang telah dibuat. Apa penyebab dari error tersebut? Penyebabnya ada beberapa kemungkinan, antara lain:
  • Ada beberapa struktur tabel database Gammu yang tidak lengkap (belum dibuat), atau ada tabel database yang corrupt atau rusak. Solusi dari penyebab ini adalah melakukan repair tabel dari yang corrupt tersebut (bisa melalui phpMyAdmin), atau jika ternyata ada tabel dari database Gammu yang belum diinstall, maka segera buat tabel yang kurang tersebut.
  • Adanya ketidaksesuaian nama database yang disetting di file SMSDRC nya dengan nama database MySQL atau database lain yang sudah dibuat. Solusinya pastikan nama database di file SMSDRC sama dengan database yang sudah Anda buat tempat Anda membuat tabel-tabel Gammu nya. Jika ternyata memang nama database yang di SMSDRC salah, maka hapus terlebih dahulu service Gammu yang sudah dibuat, kemudian buat lagi servicenya.
  • Username dan password koneksi ke database Gammu yang sudah disetting di file SMSDRC tidak sesuai atau salah. Solusinya pastikan username dan password koneksi ke database Gammunya benar. Jika ternyata username dan password di SMSDRC ini salah, maka hapus dahulu service gammu nya dan lakukan instalasi service ulang.
  • Struktur tabel database Gammu yang sudah dibuat berasal dari versi Gammu yang berbeda dengan Gammu yang sedang digunakan. Sebagai contoh misalkan Anda menggunakan Gammu versi X, tapi struktur tabel databasenya mengambil dari Gammu versi Y. Solusinya, pastikan struktur tabel database Gammu yang akan Anda buat berasal dari versi Gammu yang Anda gunakan.
sumber :http://blog.rosihanari.net/beberapa-masalah-di-gammu-dan-solusinya-gammu-troubleshooting-bag-1/