Friday, December 30, 2011

Remote komputer lewat jaringan LAN dengan VNC

Share pengalaman lagi nih.. kali ini tentang Remote Komputer dengan VNC.
Saat itu, masih dengan latar sekolah tepatnya ruang Lab nya. yaah bisa dibilang supaya mempermudah kerjaan siih... :-)
penggunaan Remote dengan VNC ini bagi saya banyak keuntungan nya . salah satunya mempermudah dalam pengelolaan file2, move data dari komputer ke komputer lain,pengawasan, dan masih banyak lagi deh..

Dari sinilah saya mulai mencoba menggunakan VNC, pertama kali saya menggunakan VNC untuk keperluan LAN saja, tetapi setelah saya browsing2, ternyata VNC juga cukup layak digunakan untuk keperluan hubungan antar negara(international) loh..,

Menyiapkan koneksi VNC Perlu sahabat ketahui koneksi dengan VNC memerlukan IP, kalau koneksi ke LAN dinamakan IP static, kalau koneksi ke Internet dinamakan IP publik, bila anda menggunakan VNC sekedar untuk remote jaringan LAN silakan gunakan IP static biasanya 192.168.1.1 atau…..tetapi kalau anda menggunakan untuk koneksi antar gedung atau international gunakan IP publik, cara mengetahui IP publik masuk aja website www.myipaddress.com kalau udah kebuka pasti anda lihat IP publik anda, Ohh ia VNC paling anti sama fire wall maka dari itu agar dapat menggunakan VNC, windows firewall harus di seting off.

Sebelum menggunakan VNC sebaiknya jaringan sudah terinstall dengan baik. Agar koneksi bisa dilakukan. Untuk test koneksi jaringan LAN silakan anda lakukan ping kekomputer tujuan, kalau ping berjalan mulus pasti koneksi bisa dilakukan tetapi bila pesan dibawah ini yang muncul silakan anda kucek-kucek mata dan telusuri mengapa ini terjadi biasanya paling-paling kabel UTP kendor atau kabel di gigit tikus atau bisa juga firewall terpasang on.

langkah-langkah Install VNC
  1. buka file VNC
  2. Klik file install VNC(cuma satu file)
  3. Pilih directory install trus Next
  4. pilih VNC SERVER atau Viewer kalau Viewer artinya Anda dapat melakukan remote kejaringan kalau server artinya ada siap melayani koneksi untuk di remote terserah pilih yang mana, kalau masing binggung pilh aja dua-duanya dan rasakan kasiatnya,, he..he..
  5. beri sandi untuk komputer anda bila orang lain akan meremote komputer tentu dia harus tau sandi yang anda isi sandi
 Sampai disini anda sudah berhasil melakukan install, lakukan hal yang sama kesetiap komputer yang ingin diremote. Kalau langkah-langkah sudah dijalankan untuk meremote komputer silakan jalankan VNC viewer dan masukan ip address tujuan, ketikan juga password komputer tujuan.

selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment

Post a Comment